KOMUNITAS BACKPACKER BOJONEGORO......... Mencari ujung dunia--------- DARI BOJONEGORO MENYAPA DUNIA

Tips aman pendakian dengan senang bab 1

Sunday, December 18, 20160 comments


Halo gan Assalamualaikum, salam rangsel, salam lestari dan salam semuanya. Kali ini saya akan berbagi tips biar pendakian aman dan menyenangkan, nah sebuhungan akhir- akhir ini banyak sekali berita miring soal para pendaki yang menjadi korban yang sering terdengar disurat kabar, medsos bahkan dari rerumpian sesama sahabat pendaki sehingga menggugah saya untuk berbagi tips aman dalam kegiatan mendaki gunung, dan kebanyakan korban umumnya tidak terlalu memperhatikan bahkan kurangnya kesadaran untuk kepentingan pribadi maupun secara kelompok dan gotong royong.

Perlunya diperhatikan yang paling utama sebelum muncak ditempat yang akan dituju, alangkah baiknya kita memerhatikan beberapa hal seperti berikut:
1. Kesehatan/ stamina
    kenapa harus kesehatan dan stamina, karena jika stamina atau kesehatan kita melemah yang pasti akan sangat mengganggu aktifitas kita dalam pendakian, dan juga akan merepotkan kelompok pendaki bisa jadi tim sar juga, lalu bagaimana supaya pendakian stamina terjaga dan kuat? nah disinilah kita diharapkan dua minggu sebelumnya rutin berolahraga minimal naik turun tangga selama 15 setiap hari, bisa jua lari-lari kecil dipagi maupun disore hari, dan juga bisa didukung dengan makanan yang bergizi serta bervitamin, seperti buah-buahan

2. Perlengkapan pendakian
    Kira-kira perlengkapan apa saja yang dibutuhkan untuk pendakian supaya aman dan senang?
setiap pendakian peralatan yang harus dimiliki secara pribadi maupun berkelompok yaitu tenda atau camp, matras, jaket tahan dingin, sleeping bag, tas rangsel ataupun carrier, sepatu/ sandal gunung, kompor, pisau, lamp/ senter, camera, tongkat(jika perlu), dll.

3. Bekal
    Nah ini gak kalah pentingnya gan, coba dibayangkan saja jika pendakian gak bawa bekal kira-kira apa mau minta-minta makanan dan minuman terus menerus ke yang lain? dikasih itu sih pasti karena jika sudah dipendakian semua umumnya saling membantu dan sangat ramah terhadap sesama pendaki, malu dong masak minta melulu. Ingat yaaa... tangan diatas lebih baik dari tangan dibawah, artinya lebih baik memberi dari pada meminta. Jadi bekal yang perlu disiapkan adalah bekal yang ringan simpel dalam membawanya dan mengolahnya, contoh : Air, Mie, beras, cemilan ringan. oh iya jangan terlalu banyak ngemil biskuit atau yang garing-garing itu malah bikin cepat haus.

4. Etika
    Nah ini yang sangat sering dilupakan para pendaki kususnya para pemula atau pendaki abal-abal.
Ingat ya diseluruh dunia ini pasti ada penjaganya entah apapun atau siapapun itu, bukanya saya bertahayul atau mengajak berbuat syirik loh, Ya coba dinalar saja dan direnungi sendiri kalau masalah itu. Bertingkahlah yang sopan jangan berkata jorok dan berteriak keras kecuali anda minta tolong ke yang lain, dan lebih parahnya lagi jika anda sombong dalam pendakian. Loh bukanya saya menakut-nakuti gan tapi mau gak mau anda harus begitu karena dengan begitu lebih baik buat anda dan kelompok anda. Teruss.. jika sudah terlalu asik anda biasanya lupa dengan barang bawaan anda, SAMPAH WOI SAMPAH ..... hihihihi.... jangan buang sampah sembarangan ya
Kebersihan sebagaian dari iman, jika anda tidak paham hal itu mending jangan mendaki dahulu ya gaes.

Ok gaes mungkin untuk semntara ini sekian dulu berbagi tips pendakian yang aman nyaman serta menyenangkan.
Selamat mendaki jangan lupa selfi, bawa pulang fotonya pamerkan teman kanan kiri supaya mereka pada ngiri dan segera ikut mendaki.

Salam Gapapala salam seduluran semuanya.


Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Gapapala - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger